PDAM Kota Surabaya

Kantor PDAM Surabaya

Kantor PDAM Surabaya berada di jalan Prof dr Mustopo, lokasinya dekat dengan Stasiun Gubeng. Menyediakan Air Minum yang sehat dan terjangkau masyarakat merupakan visi dari PDAM Surabaya. Sedangkan misi nya adalah : Memenuhi Kebutuhan Air Minum yang Sehat bagi Masyarakat, Mendistribusikan Air Minum yang merata dan cukup, Memberikan Palayanan yang Cepat, Tepat dan Memuaskan, dan Melaksanakan Managemen yang Sehat.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya mendapat penghargaan dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) sebagai penyelenggara pelayanan air minum terbaik pertama di Indonesia untuk Kategori PDAM Metropolis (2/12) 2009.

Saat ini PDAM Surabaya melayani pelanggan sekitar 400.698 sambungan rumah (SR), dengan cakupan pelayanan sekitar 72 persen dari jumlah penduduk Kota Surabaya.

Layanan yang diberikan
1. Kantor kami di bangun untuk melayani anda
2. Pelayanan informasi pemasangan baru melalui telepon (031) 5039400
3. Pendaftaran pemasangan baru tidak dipungut biaya
4. Hanya dibutuhkan 6 hari untuk proses pemasangan baru bagi yang di depan persilnya sudah ada jaringan pipa tersier
5. Pemasangan baru dilaksanakan paling lambat 2 hari setelah pelunasan
6. Kami siap memberikan penyuluhan bila diperlukan
7. Pelayanan pengaduan 24 jam melalui telepon nomor
Telp.: (031) 5039373 – 5039392 – 5039676
SMS: 081.6509.202- 081.6509.303
Fax: (031) 5030100
E-Mail: -sby@ pdam plasa.com; humas@ pdam -sby.go.id
8. Pelayanan pengaduan tidak dipungut biaya
9. Pengaduan yang jelas, benar dan akurat akan mempercepat penyelesaian masalah
10. Nomor Telepon Pengaduan Pelanggan / Keluhan Jarak Jauh (Selama Jam Kerja) :
(031) 5037608 : Untuk Langganan Wilayah Timur
(031) 5037609 : Untuk Langganan Wilayah Barat
11. Kami akan melayani anda dengan rasa hormat dan ramah

PDAM Kota Surabaya

Jl Prof dr Mustopo 2 Surabaya 60131
Telp: +62 31 5039373
Fax: 62 31 5030100
Call centre: 031 292 6666
SMS Centre: 081 2331 6666
Web: http://www.pdam-sby.go.id/

(Surabaya, City Guide)
2011-02-02-016-PDAM Kota Surabaya

Share Trans Surabaya Posting @
TAGS: , , , , ,

40 Comments

  1. kris says:

    yth, PDAM kota surabaya

    kami berencana akan pasang air PDAM,di lingkungan rumah kami
    di daerah gunung anyar tengah.
    berapa kira2 total biaya yang harus kami sediakan.
    terima kasih…

  2. veri says:

    saya mau pasang air PDAM didaerah tambak laban daerah tambak rejo
    berapa kira2 biaya yg harus kami persiapkan?
    saya td lewat di prof.dr.mustopo da potongan 50% apakah itu benar?

  3. rianto says:

    kepada: yth PDAM surabaya

    nama saya rianto alamat saya di gunung anyar lor 3a/20a saya mau pasang pak apa saja persyaratanya.thanks

  4. yusuf feryanto says:

    aku pingin jd pegawai PDAM surabaya
    syarat apa aja yang di uji kan peserta tes rekrutment jd pegawai
    bila ada lowongan kerja …kasi informasi di email saya
    fery_antiqu09@yahoo.co.id

  5. A s m a d says:

    Kepada Yth :
    Direktur PT.SURYA SEMBADA ~ PDAM Surabaya Saya adalah pemohon baru dlm program gebyar diskon dan tercatat dg nmr pendaftaran = T/2011/000/4205 pada tgl 24 mei 2011
    a/n : Asmad jl. Bulak Banteng Lor masjid Gg I/19 b Surabaya
    yang ingin saya pertanyakan kenapa sampai dg hari ini blm ada survey yg dilakukan padahal ada teman saya dg nmr pendaftaran yg jauh lbh dulu sy kok sdh di survey itu sebabnya sy jd kawatir apa kira2 ada masalah dg kelengkapan dokumen saya tapi pd waktu mendaftar kan sdh di verifikasi dan telah dinyatakan OK
    jd mhn jawabannya krn sdh sering sy sms tp tdk dijawab
    atas perhatianya terima kasih

  6. hasan Basori says:

    kepada yth : PDAM Kota Surabaya
    dengan adanya kebocoran pipa PDAM dirumah kami tagihan bulan Sept 2011 menjadi Rp.200.000,- lebih, padahal sebelumnya dibawah Rp.35.000,-.
    1. Yang kami tanyakan apakah kebocoran itu harus dibebankan ke Konsumen sehingga tagihan membengkak. padahal kami tidak mencuri. Kebocoran pipa di rumah bukan karena kropos tapi berlubang sangat bagus sebesar pencil. apakah kebocoran itu masih harus dibebankan konsumen
    2. Bagaimana tagihan bulan berikutnya apakah masih sama membengkak.

    3. Untuk pipa yg masuk ke rumah konsumen tidak ada jaminan kwualitasnya.

  7. kartika primasari says:

    saya kartika dari mahasiswa universitas airlangga. saya berencana untuk melakukan kegiatan PKL di PDAM SURABAYA. apakah PDAM Surabaya membuka lowongan untuk kegiatan PKL mahasiswa? dan jika kegitan PKL tersebut di lakukan secara kelompok, kira-kira max. berapa orang yang bisa melaksanakan kegiatan PKL di PDAM surabaya?

    terimakasih atas perhatiannya

  8. rilakaufi says:

    Yth.PDAM Surabaya
    saya mahasiswi UNAIR jurusan perpustakaan. saya mau menanyakan apakah di PDAM terdapat perpustakaan? karena saya berkeinginan magang di PDAM.
    trimakasih

  9. firman says:

    WARGA KALIANAK KEKERINGAN AIR,PDAM KOTA SURABAYA KOK BISU?
    kantor PDAM kota surabaya sangat mengngecewakan para pelanggan PDAM hal ini membuat warga kalianak tambak asri gadukan dan sekitar tidak bisa melakukan aktifitasnya sehari-hari seperti cuci baju dan mandi DLL,karna bisa merugikan pelanggan?

  10. Andi cuk kusuma says:

    Air di daerah kel jeruk lakarsantri surabaya mati total sejak tgl 4 fbruari sampai 5 fbruari . Tlg segera di benahi . Kami sgt membutuhkan nya , untuk masak pun gak bisa .

  11. ILYAS says:

    AIR PDAM DI TEMPAT KAMI JL RAYA SAWO 27 BRINGIN SAMBI KEREP SURABAYA SUDAH TIDAK KELUAR SEJAK HARI SABTU SAMPAI SEKARANG TGL 07 PEBRUARI 2012 JAM 8:26 . TOLONG DI PERIKSA DAN CEK LOKASI, DI SINI HAMPIR SATU RW YANG TIDAK DAPAT MENIKMATI SEGARNYA AIR PDAM, SAYA MOHON SEGERA DI RESPON KELUHAN KAMI DAN SELURUH WARGA RW 2 KELURAHAN BRINGIN SAMBI KEREP,TRIMA KASIH SEBELUMNYA

  12. ILYAS says:

    terima kasih pdam surabaya, air pdam di jl raya sawo brigin sambi kerep sudah keluar

  13. winda galuh says:

    saya mau tanya, apakah ada lowongan kerja untuk sesak di PDAM????

  14. andy says:

    tempat tinggal saya di daerah gubeng airlangga air pam yg mengalir tdk bisa lancar saya sudah coba mengadu di pdam tapi gak ada tanggapan sama sekali, tp yg saya heran meski air gak kluar kok tagihan nya tetap sama ya…. sungguh mengecewakan sekali

  15. TRI says:

    saya mau menanyakan biaya pasang baru untuk daerah dukuh pakis berapa ya ?

  16. rheny says:

    MOHON DISAMPAIKAN BIAYA PEMASANGAN BARU SECARA RINCI DAN JELAS SERTA TRANSPARAN MENGINGAT BANYAK PUNGLI ATAS OKNUM-OKNUM YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB…
    TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA

  17. emil says:

    pd 1thn yg lalu meter kran air pd on off bocor, karena air yg bocor buat orang terpleset maka sy lapor pdam, dan datang petugas cek keluhan pelanggan dan hasilnya posisi kebocoran memang pd on off meter.petugas akan menganti kran on off meter dengan syarat tembok taman di bongkar agar mudah dlm mengerjakan perbaikan dan kami bongkar tembok taman. sy menunggu kedatangan petugas lagi sampai jenuh dgn janji2…
    kurang lebih hampir setahun setelah pembongkaran tembok taman dan membuat segel meter putus masih belum ada tanggapan, stelah kurang lebih setahun.
    pada saat pemakaian berkurang karena jumlah keluarga berkurang tangihan saya membengkak tdk sesuai meter, dan sy lapor ke pdam hasilnya meter saya macet dan segel meter putus,padahal tidak sy disuruh mengganti meter dgn syarat biaya penggantian 500ribu sampai nego menjadi 250,sy keberatan seharusnya pelayanan pelanggan hrs diperhatikan. krn keberatan sy disuruh buat surat keberatan ke direksi surabaya barat. apa ini yg dinamakan birokrasi

  18. yenny says:

    Susahnyaa hub. PDAM …….ckckckckckck……mengecewakan

  19. syafik abeng says:

    kepada pdam yth:
    sy syafik abeng sudah daftar pasang baru terhitung sejak tgl;31.mei.2012
    yang daftar ada 3 orang termasuk saya,dan beberapa hari tukang survey datang dan bilang gak bisa harus nunggu pipa besar masuk kampung di suruh nunggu 3 bulan
    dan pipa tsb sampai saat ini kok gak di pasang pasang mohon tanggapan pdam solusi yang baik bagaimana terima kasih

  20. syafik abeng says:

    kepada pdam yth;
    saya syafik abeng alamat.keputran panjunan 3/66 sby
    sudah daftar pasang baru dgn nomor B/2012 000 4059 per tgl 31mei 2012
    sampai saat ini belum di pasang di karnakan belum ada pipa besar , dan di suruh tunggu 3 bulan sampai pipa besar terpasang, tapi sampai saat ini tidak ada respon dari pihak pdam… mohon tanggapannya
    ;;saya juga mewakili orang kampung di keputran panjunan 3 ;;
    mohan tanggapan/solusi dari pdam terima kasih

  21. M. Bambang L says:

    Kepada Yth
    1. Ibu Wali Kota Surabaya
    2. Dirut. PDAM Surabaya
    3. Ketua YLKI Kota Surabaya

    Kami adalah pelanggan PDAM yg baik dan setelah kami baca Visi & Misi dari PDAM Kota Surabaya koq jauh sekali dgn sasaran atau apa dikatakan dlm Vis & Misi PDAM Surabaya hanya tinggal Visi & Misi saja dan tdk sesuai dgn apa yg diharapkan oleh warga Kota Surabaya. Menyediakan Air Minum yang sehat dan terjangkau masyarakat merupakan visi dari PDAM Surabaya. Sedangkan misi nya adalah : Memenuhi Kebutuhan Air Minum yang Sehat bagi Masyarakat, Mendistribusikan Air Minum yang merata dan cukup, Memberikan Palayanan yang Cepat, Tepat dan Memuaskan, dan Melaksanakan Managemen yang Sehat.

  22. M. Bambang L says:

    Kepada Yth
    1. Ibu Wali Kota Surabaya
    2. Dirut. PDAM Surabaya
    3. Ketua YLKI Kota Surabaya

    Kami adalah pelanggan PDAM yg baik dan setelah kami baca Visi & Misi dari PDAM Kota Surabaya koq jauh sekali dgn sasaran atau apa dikatakan dlm Vis & Misi PDAM Surabaya hanya tinggal Visi & Misi saja dan tdk sesuai dgn apa yg diharapkan oleh warga Kota Surabaya. Menyediakan Air Minum yang sehat dan terjangkau masyarakat merupakan visi dari PDAM Surabaya. Sedangkan misi nya adalah : Memenuhi Kebutuhan Air Minum yang Sehat bagi Masyarakat, Mendistribusikan Air Minum yang merata dan cukup, Memberikan Palayanan yang Cepat, Tepat dan Memuaskan, dan Melaksanakan Managemen yang Sehat.
    Yang Saya pertanyakan kenapa Air bersih & sehat apa yg dikatakan dlm Visi & Misi PDAM tidaklah benar tdk sesuai dilapangan dan pendistribusian air juga kurang memuaskan padahal kami sdh pakai pompa air blm juga mengalir padahal penggunaan pompa juga tdk dibenarkan kalau yg ini tdk kami pergunakan lebih baik kami hidup di Gunung Kidul Yogyakarta yg kekurangan air bersih. Terima kasih atas perhatiannya para pejabat diatas kami, juga bayar.

  23. irwanto says:

    Kepada Yth
    1. Ibu Wali Kota Surabaya
    2. Dirut. PDAM Surabaya
    3. Ketua YLKI Kota Surabaya

    Kami adalah pelanggan PDAM yg baik dan setelah kami baca Visi & Misi dari PDAM Kota Surabaya koq jauh sekali dgn sasaran atau apa dikatakan dlm Vis & Misi PDAM Surabaya hanya tinggal Visi & Misi saja dan tdk sesuai dgn apa yg diharapkan oleh warga Kota Surabaya. Menyediakan Air Minum yang sehat dan terjangkau masyarakat merupakan visi dari PDAM Surabaya. Sedangkan misi nya adalah : Memenuhi Kebutuhan Air Minum yang Sehat bagi Masyarakat, Mendistribusikan Air Minum yang merata dan cukup, Memberikan Palayanan yang Cepat, Tepat dan Memuaskan, dan Melaksanakan Managemen yang Sehat.
    Yang Saya pertanyakan kenapa Air bersih & sehat apa yg dikatakan dlm Visi & Misi PDAM tidaklah benar tdk sesuai dilapangan dan pendistribusian air juga kurang memuaskan padahal kami sdh pakai pompa air blm juga mengalir padahal penggunaan pompa juga tdk dibenarkan kalau yg ini tdk kami pergunakan lebih baik kami hidup di Gunung Kidul Yogyakarta yg kekurangan air bersih. Terima kasih atas perhatiannya para pejabat diatas kami, juga bayar.

  24. irwanto says:

    Kepada Yth
    1. Ibu Wali Kota Surabaya
    2. Dirut. PDAM Surabaya
    3. Ketua YLKI Kota Surabaya

    Kami warga tubanan Indah II, Kelurahan Karangpoh, kecamatan tandes, mau memberitahukan bahwa air pdam di tempat kami keluarnya kecil itupun keluar hanya pada jam 11 malam sampai 3 pagi. Kejadian ini sudah berlangsung sejak 2 tahun terakhir. Apa yang terjadi? kami mohon penjelasannya.Apa benar PDAM mendapat penghargaan? penghargaan apa?

  25. syafik abeng says:

    kepada bapak atau pun ibu pdam…
    pertanyaan saya belum ad jawaban sampai saya telpon ke pdam d suruh telpon ke costamer service dr situ di lempar lagi sampek yg terakhir gak ada jawaban alias gak d angkat

  26. rafi says:

    PDAM ga usah cantumin no telpon, PERCUMA. GA ADA YANG ANGKAT2. PADA KE JMP YA.

  27. Norchayati says:

    Saya lagi menunggu besok membuka amplop yang katanya tertutup katanya pemasangan baru saya ada tambahan biaya tidak ada jaringan pipa padahal kanan Depan kiri kosong dan agak ngelewati sudah Full penduduk.saya sholat berdoa semoga tidak ada biaya siluman dipdam.
    Karena saya wanita yg datang sendiri kesana mendaftar pasang baru.membuat saya berpikir kenapa dibilang tidak ada pipa besar itu kan tugas PDAM kita hanya masyarakat yang hanya tau pasang baru dan sudah mempunyai tetangga kanan kiri Depan.

  28. Norchayati says:

    PDAM katanya Pasang baru 900 ribu ternyata itu harga pasang meterannya aja .
    Surabaya kotaku kenapa masih saja kita yang baru pertama pasang dikenakan biaya siluman banyak bisa buat beli satu motor padahal saya berharap kita pasang dengan harga dan tidak ada alasan yang katanya harus pasang pipa punya tetangga saya yg harus ngelewati dan membayarnya atau patungan Tetapi kalo tetangga g mau hrs byr sendiri.
    PDAM sebetulnya perusahaan negara apa swasta ya ada yang tau dan bisa menjawab tidak.

  29. Chayati says:

    Kepada BPK direktur PDAM tolong kenapa harus ada amplop tertutup sedangkan ada copy an yang sudah dipegang pegawai yang isinya 7,3jt + 900rb biaya meteran pasang baru PDAM kalo yang disuruh bayar segitu DPR yang pasang baru masih wajar sedang saya orang yang baru ingin membangun rumah sendiri karena uang pas2an dan ingin pasang PDAM dan ibu rumah tangga belum bekerja dikenakan biaya itu sedangkan sudah ada tetangga Depan kanan Full.
    Dimana PDAM yang katanya membantu rakyat penyaluran air.

  30. sumadi says:

    Mohon maaf saya mau minta informasi apakah pdam menyedian meteran air yang bisa dibeli, bila menyediakan harganya berapa per buahnya, karena saudara saya bermaksud mau mendirikan kost-kost an, terima kasih

  31. yusnita says:

    berapa y pak, tarif pasang baru air pdam. didaerah saya udah ada pipa besarx. . .jl tenggumung baru, sidotopo wetan, surabaya . . .saya tunggu jawabanx

  32. diah says:

    Yth. PDAM Surabaya
    Saya warga Kendung Kecamatan Benowo
    Sejak dua tahun yang lalu tiba-tiba tagihan air di rumah saya naik tanpa pemberitahuan. setelah dikonfirmasi ternyata karena daya listrik 2200 dan karena saat itu ada warnet.
    Tapi, sekitar bulan September lalu listrik di rumah saya sudah diturunkan menjadi 900 dan sudah tidak ada warnet dan meminta tarif air dikembalikan ternyata harus membuat surat pernyataan RT RW terlebih dahulu dan datang ke kantor PDAM untuk melapor. Saat itu jelas kami heran, bagaimana bisa pihak PDAM Seenaknya menaikkan tanpa pemberitahuan tapi tidak mau menurunkan tanpa didatangi ke kantor.

    Karena tidak punya pilihan akhirnya kami mengurus semua yang diperlukan sekitar dua bulan yang lalu. Setelah itu pihak PDAM sendiri telah melakukan survei kerumah kami, akan tetapi hingga saat ini tagihan yang diterima TETAP TINGGI dan tidak ada pemberitahuan lagi dari PDAM soal laporan penurunan tarif air.

    Jujur kami sangat kecewa. PDAM sangat lambat menanggapi keluhan kami. padahal selisih antara tarif yang sekarang dibebankan kepada kami dengan tarif yang seharusnya cukup besar. Selain itu air di daerah rumah kami sering mati dan hal tersebut benar-benar membebani.
    Untuk mengurangi pengeluaran yang tinggi karena tarif air yang tinggi dan memenuhi kebutuhan air setiap bulan, kami sampai harus menggunakan air sumur untuk semua keperluan selain untuk dikonsumsi.

    Mohon Pihak PDAM segera menindak lanjuti keluhan kami.

    Terima kasih

  33. koesnari says:

    Kpd. Yth. PDAM Surabaya

    Saya Ingin menanyakan masalah tagihan rekening PDAM untuk bulan januari.
    Nopel saya : 4273311
    Sub Zona : 427 / sss
    Tarif : 4A

    per tgl 23 Januari 2013 ada tagihan rekening PDAM senilai 45 meter kubik, untuk bulan sebelumnya memang tagihan PDAM saya bisa mencapai 46 – 60 meter kubik perbulan, itu di karenakan pemakaian terdiri dari 3 rumah. tapi sudah hampir 2 bulan ini 2 rumah tersebut sudah pasang saluran PDAM sendiri. otomatis pemakaian PDAM saya harusnya berkurang antara 50 – 60 %. setelah ada tagihan untuk bulan januari sebesar 45 meter kubik saya cek angka di meteran saya per tgl 23 Januari 2013 = 1530 M kubik. tapi di faktur tagihan sudah mencapai 1546 M kubik. dengan adanya selisih itu maka saya putuskan untuk tidak membayar terlebih dahulu tagihan rekening PDAM saya untuk bulan Januari ini. untuk bulan des 2012 – jan 2013 tidak ada petugas kontrol meter yang datang. padahal bulan sebelumnya ada,,,,,,ini menjadikan tanda tanya besar bagi kami selaku pelanggan,,,,!
    mohon penyelesaiannya dari pihak yang terkait. sebelumnya terima kasih.

  34. udin says:

    saya punya usahan jualan di surabaya mau pasang pdam apakah bisa…
    persyaratanya bagaimana soalnya tempat yang saya gunakan kan kontrak sementara yang punya tanah sudah punya pdam sendiri…
    sertifikat tanahnya jadi satu sama yang punya rumah…

  35. sugeng wahyu says:

    saya adalah pelanggan pdam yang diangkat meternya karena terlambat bayar,kira kira berapa biaya yang saya siapkan untuk menyambung lagi dan waktunya penyambungan berapa lama?
    meter yang di pasang di persil saya bermasalah kadang kadang macet sudah komplain sejak lama tidak pernah ada respon dan ini kemarin petugas pdam atas nam bpk heri mugianto nip 1.96.00941 salah membaca meter yang seharusnya 283m3 di tulis 483m3 kelebihan baca ini bagaimana solusinya?
    terima kasih atas penjelasan yang di berikan

  36. agus says:

    kenapa air pdam di tempat saya kecil daerah kutisari utara gang 2d no 11

  37. sofia diah miftamala says:

    mohon maaf sebelumnya bapak/ibu, saya cuma mau tanya apakah ada lowongan kerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota surabaya ini untuk tahun ini ???

  38. yoan says:

    dg hormat

    apakah syarat2 untuk pasang baru?

    rumah saya terletak di tanah kapling yg masih terdiri dari 3 kk yang mana daerah tersebut dekat dg perumahan
    lokasi di daerah wonorejo rungkut dekat wisata mangrove
    dan berpotensi akan dibangun banyak rumah..

    apakah saya bisa mengajukan pasang baru PDAM?

  39. Dika says:

    Kepada petugas pdam,
    khusus untk daerah bandarejo ,kel.sememi.udah hampir 1 bulan ini air di daerah kami gak keluar,
    kami sudah berusaha dgn cara sms/tlfn/memasukan di surat kabar,tapi gak ada tanggapan sama sekali.

  40. hartono says:

    saya mau nanya kapan kira2 air pdam bisa masuk ke daerah laban wetan.

Leave a Comment