Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel atau Makam Raden Achmad Rachmatulloh berada di sebelah kanan depan Masjid Sunan Ampel, yang wafat pada tahun 1481. Beliau dikenal sebagai seorang yang pandai dengan ilmu-ilmu agama, beliau dipercaya Raja Majapahit untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam di Surabaya (dulu namanya Ampel Dento).

Masjid itu sendiri merupakan masjid terbesar kedua di Surabaya yang dibangun oleh Raden Achmad beserta pengiikutnya pada tahun 1421 M. Di masjid ini Anda bisa melihat bangunan dengan gaya arsitektur jawa kuno dan nuansa arab islami yang sangat lekat. Tampak juga lima Gapuro (Pintu Gerbang) yang merupakan simbol dari Rukun Islam.

Makam Sunan Ampel ini selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah. Apalagi saat bulan-bulan islam seperti,  Isra` Mi`raj Nabi Muhammad SAW, tahun baru islam, bulan ramadhan, makam ini akan lebih ramai dari hari biasanya, tidak hanya dari peziarah namun juga para pengemis pun tidak mau ketinggalan yang meminta sedekah dari para peziarah yang berada di sepanjang jalan menuju makam dan masjid Sunan Ampel.

Daerah ini dikenal dengan kampung arab, tak hayal jika saat pengunjung berada disini akan disuguhkan segala kebutuhan yang bernuansa islami mulai busana muslim, parfum, sarung, peci, kurma dan berbagai assesoris lainnya.

Makam Sunan Ampel
Jl. KH. Mas Mansyur Surabaya Utara

(Surabaya, City Guide)
2011-02-09-067-Makam Sunan Ampel

Share Trans Surabaya Posting @

0 Comments



You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment