Stasiun Gubeng Surabaya

Stasiun Gubeng Surabaya

Stasiun Surabaya Gubeng adalah stasiun kereta api (KA) yang terletak di Gubeng, Surabaya dan berada di bawah naungan PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VIII. Stasiun ini merupakan stasiun KA terbesar di Surabaya dan merupakan tempat keberangkatan KA utama dari Kota Surabaya, khususnya yang melalui jalur selatan, sedangkan KA yang melewati jalur utara, seperti KA jurusan Jakarta via Semarang, diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Pasarturi.

Stasiun Surabaya Gubeng pertama kali dibangun di sisi barat rel KA. Pada pertengahan dekade 1990-an, bangunan baru Stasiun Surabaya Gubeng dibangun di sisi timur rel KA dengan arsitektur lebih modern dan lebih luas, selain itu ada tempat tunggu VIP, Display Information berupa TV LCD, tempat tunggu juga nyaman plus bisa menikmati live music.

Lokasi Stasiun Gubeng sangat strategis, disekitar Stasiun Gubeng terdapat Gand City Mall, Delta Plaza, Hotel Sahid, dan Monumen Kapal Selam. Ada  2 pilihan jika Anda ingin berbelanja yaitu Grand City Mall dan Delta Plaza, Anda menyeberang jalan lalu naik Lyn S untuk menuju Grand City Mall, Anda naik taxi untuk menuju Delta Plaza. Apabila Anda ingin beristirahat, Anda bisa ke Hotel Sahid dengan berjalan kaki atau naik taxi untuk menuju Hotel Sahid. Ada sebuah Monumen, Anda naik taxi untuk menuju Monumen Kapal Selam tersebut.

Berikut kereta api yang singgah di Stasiun Wonokromo beserta rute perjalanan

  • Kelas Eksekutif:
    • Argo Wilis (Surabaya, Bandung)
    • Bima (Surabaya, Gambir, Jakarta)
    • Turangga (Surabaya, Bandung)
  • Kelas Eksekutif dan Bisnis:
    • Mutiara Timur (Surabaya, Banyuwangi)
    • Sancaka (Surabaya, Yogyakarta)
  • Kelas Bisnis:
    • Mutiara Selatan (Surabaya, Bandung)
  • Kelas Ekonomi:
    • Delta Ekspres (lebih dikenal sebagai KA komuter Surabaya-Sidoarjo)
    • Arek Surokerto (Lebih dikenal sebagai KA komuter Surabaya-Mojokerto)
    • Gaya Baru Malam Selatan (Surabaya, Jakarta Kota)
    • Logawa (Surabaya, Jember, atau Purwokerto)
    • Pasundan (Surabaya, Kiaracondong, Bandung)
    • Penataran (Surabaya, Blitar lewat Malang)
    • Rapih Dhoho (Surabaya, Blitar lewat Kertosono)
    • Sri Tanjung (Surabaya, Lempuyangan, Yogyakarta, atau ke Banyuwangi)

Stasiun Gubeng
Jl Gubeng Masjid 1,Pacarkeling, Surabaya Pusat
Telp. 031 5033115

(Surabaya, City Guide)

2011-01-13-038-Stasiun Gubeng Surabaya

Share Trans Surabaya Posting @
TAGS: , , , , , ,

51 Comments

  1. madd says:

    kalo mau ke Bali dari Gubeng berapa ya ongkosnya?

  2. Jatim says:

    Buat…lu yg mau mudik mendingan..urungkan aja…niat lu yg mau naik kereta. Di STASIUN GUBENG..untuk saat Layanan dari pihak. Pegawainya/pelayananya KURANG ENAK..dari pd terberang. Di tempat tersebut.boso suruboyone koyok taek.wes ga enak babar blas…tu.lihat.yg mau naik mangkrak kabeh nang ngarep. wes Kapok aku nupak sepor broo…wes sepong LEMOT pegawaine kakean acara..pemikirane kesuwen….kakean cocot pegawene. Keamanane gateli. Wes…cok comene: sampek kne ae pribumi soeroboyo

  3. Jatim says:

    Ni aku alami hari ini..uda beli tiket 3500.rp kereta surokerto.dgn jurusan mojokerto .gak taunx tu penumpang di suruh trn semua.pindah ke kereta KRD..jancook sepore kyok taek…salam boos buyar sepore g sepor2an.

  4. danang says:

    infonya pak, saya rencana naik kereta dari surabaya ke jogjakarta,dengan membawa sepeda MTB apa ada bagasi khusus, untuk barang dan berapa ongkosnya terimakasih

  5. komentarnya pada kecewa semua tuh sama pelayanan Kereta api Indonesia

  6. arik says:

    Pelayanan kurang dari standar pelayanan. security mu perlu bimbingan cara sopan santun melayani dan menghormati seseorang. gaya melebihi aparat.terlalu pasang action kayak gak bisa mati…..

  7. rini says:

    Pelayanan dengan tarif kereta eksekutif yang sesuai dong jgn asal d naikkan tp gak ada perubahan pelayanan N jam sampainya di tujuan alias trlambat.
    Satpam yg d pintu masuk kbnykn bacod HARUS DIPECAT.

  8. Deny says:

    Waduh gmna nih nasib orang kecil yg rumahnya deket stasiun kecil. Tiket kreta economi skarang d ksih pta tempat duduk tp cma d stasiun besa. Emange orang yg d kota aja yg bleh duduk?
    G sip blas ka indonesia

  9. supriyadi says:

    minta jadwal kereta komuterr yang baru dong dari gubeng?

  10. Nuning says:

    Bisa minta jadwal KA Rapih dhoho ya yang dari gubeng?

  11. Customer says:

    Susah sekali cari jadwal kereta penataran kelas ekonomi dari stasiun gubeng, kenapa ya?

    tolong bisa kasih info jadwal keberangkatan dan biaya buat kereta api penataran jurusan surabaya>>>malang

    terima kasih.
    semoga jadi masukan yang membangun.

  12. iqbal says:

    mau tanya.
    untuk tiket ekonomi jurusan stasiun yogyakarta untuk bsk tgl 28 januari 2012 yang untuk pagi adanya jam brp?

  13. Tomo says:

    Mau tny kereta penataran berangkat jam brp yah dr stasiun gubeng?

  14. Reza Pahlevi says:

    tiket eksekutif dan VIP Surabaya – Jakarta berapa? klo pemesanan melalui internet bisa ga?

  15. nahya sofia says:

    mau nanya tiket kereta ekonomi logawa / pasundan untuk surabaya -kutoarjo tanggal 24 februari 2012 berapa harganya, berangkat dari surabaya jam berapa ?? pemesanan tiket bisa online gak ??

  16. madd says:

    oi bales woiii …

  17. setiawan says:

    Kalo ke bali dari surabaya.. bisa naik mutiara timur pagi/malam, harga 165rb-195rb udah langsung nyampe di terminal ubung Denpasar..

  18. wahyu says:

    Kecewa sama petugas di stasiun Gubeng. Tadi pagi sy ngantar istri ke Stasiun Gubeng, mau naik komuter ke Porong. Istrio saya masuk lewat pintu depan (timur). Ternyata penumpang ekonomi harus lewat pintu barat. Akhirnya istriku gak bisa masuk. Bahkan mau beli tiket peron (utk masuk stasiun, kemudian beli tiket di pintu barat) pun tidak diizinkan. Akhirnya istriku gak jadi naik kereta krn komuter keburu berangkat.

  19. saipul says:

    di mana seh ada sekolah perkeretapian yang di surbayA..,?

  20. widiortega says:

    salam kenal, salam sejahtera…
    perkenalkan saya widi di bekasi.
    awal september saya ada rencana pengin ke benculuk-banyuwangi pake kereta dari Jakarta turun di stasiun Gubeng Surabaya, kalo dari sini mau ke bencaluk naik apa ya?
    terimaksih atas bantuan dan perhatiannya.

    salam

    widi

  21. widiortega says:

    salam kenal, salam sejahtera…
    perkenalkan saya widi di bekasi.
    awal september saya ada rencana pengin ke benculuk-banyuwangi pake kereta dari Jakarta turun di stasiun Gubeng Surabaya, kalo dari sini mau ke bencaluk naik apa ya?
    mohon info ke widitosanaji@yahoo.com
    terimaksih atas bantuan dan perhatiannya.

    salam

    widi

  22. riyah says:

    Selamat pagi,

    Saya mau mengcomplain penjualan tiket kereta api lokal jarak dekat untuk stasiun di Gubeng, Surabaya.
    Saya sudah datang pagi-pagi sebelum jam 06.00 tapi tiket keberangkatan untuk jurusan surabaya – jombang (dhoho / KRD) slalu saja sudah terjual habis, dari minggu sebelumnya juga seperti itu. Memang kebijakan untuk merubah sistem tiap calon penumpang harus duduk sesuai nomor yang tercantum dalam tiket itu baik serta jumlah tiket kereta yang dibatasi. Namun hal tersebut disalah gunakan oleh para CALO untuk beroperasi memanfaatkan sistem pembatasan tiket kereta pada stasiun-stasiun. Saya sangat KECEWA serta miris terhadap hal tersebut. Saya minggu lalu tidak sengaja bertemu dengan ibu-ibu naik kereta dengan tujuan stasiun sby-sembung , IBu tersebut sempat bercerita kalau beliau mendapatkan tiket kereta tujuan tsb dari orang( CALO) dengan harga tiket Rp. 10.000/per org padahal harga sebenarnya dari KAI hanya Rp.4.000 jadi beliau harus membayar 20.000 untuk 2tiket, kbetulan dia pergi sama putranya yg masih kecil pada waktu itu. Bukan hari perayaan atau dalam arti hari-hari biasa namun penjualannya slalu kehabisan padahal saya beli tiket sebelum jam 06.00 tiket sudah terjual habis hampir semua untuk jurusan dekat.apakah hal tersebut tidak mengecewakan para calon penumpang,sudah datang ngebut-ngebut ternyata sudah habis semua tiket untuk keberangkatan jam 07.45, 10.55, jam 16.00 serta yang terakhir jurusan jbg 17.40 saya mewakili para calon penumpang, agar mohon segera menindak tegas para calo penjualan tiket KAI untuk tujuan jarak dekat terutama. Agar complain-complain seperti ini tidak terjadi lagi.

    Terimakasi.

  23. Anggia says:

    Saya mendapatkan kabar yang cukup merasahkan berkaitan tentang kebijakan stasiun gubeng per 1 nopember yang akn datang… bahwa kereta ekonomi jarak dekat tidak akan berhenti di Gubeng namun hanya berhenti di wonokromo dan Semut saja…
    Hal ini perlu dipertimbangkan lgi mengenai mobilisasi penumpang kereta ekonomi yang sangat banyak di stasiun gubeng seperti para mahasiswa Unair, ITS dan universitas lain yang dapt dijangkau lebih dekat jika turun d Gubeng, para pekerja, pasien-pasien RSUD Dr.Soetomo…

    Bayangkan jika para pasien RSUD Dr.Soetomo harus turun di wonokromo…. perjalanan akan lama, sedangkan fisik sudah tidak sanggup lagi.
    Mohon dipertimbangkan kembali.

  24. rini karistijani says:

    duuhh,semua comment kok bikin diri ini jadi takut naik kereta api/padahal diri pengen naik sancaka pp Surabaya – Yogyakarta.bisakah pesan nanti sore buat tgl 16 Nov’ 12 sore?barusan usaha tlf office St gubeng ternyata tak bisa nyambung… :(

  25. ervina says:

    Kalau mau buka booth di stasiun Gubeng untuk promosi gimana caranya ya?

  26. Firman Hidayat says:

    Kalo Ke Purworejo naik kereta api jurusan mana ?

  27. mas udin says:

    minta jadwal keberangkatan kereta api pasundan…

  28. chaleedarifa says:

    Aturan KAI baru masih semrawut. Perlu dikaji ulang. Jangan sampai penyedia jasa kendaraan umum melalui kereta api kecewa apalagi ‘kapok’ naik kereta api karena pelayanan yang mengecewakan atau karena kesemrawutan sistem penjualan tiket. Pelayanan terbaik untuk publik hendaknya lebih diperhatikan mengingat KAI sering dan selalu bersinggungan dengan masyarakat pengguna jasa kendaraan umum KA. Semoga segala keluh kesah masyarakat terkait pelayanan dan sistem yang diberlakukan PJKA dapat dengan ‘legawa’ diterima dan dijadikan sebagai bahan evaluasi oleh PJKA agar ke depan lebih baik.

  29. chaleedarifa says:

    Aturan KAI baru masih semrawut. Perlu dikaji ulang. Jangan sampai pengguna jasa kendaraan umum melalui kereta api kecewa apalagi ‘kapok’ naik kereta api karena pelayanan yang mengecewakan atau karena kesemrawutan sistem penjualan tiket. Pelayanan terbaik untuk publik hendaknya lebih diperhatikan mengingat KAI sering dan selalu bersinggungan dengan masyarakat pengguna jasa kendaraan umum KA. Semoga segala keluh kesah masyarakat terkait pelayanan dan sistem yang diberlakukan PJKA dapat dengan ‘legawa’ diterima dan dijadikan sebagai bahan evaluasi oleh PJKA agar ke depan lebih baik.

  30. dhea says:

    Pelayanan di Stasiun Gubeng sebenarnya cukup baik, tapi mungkin untuk petugas tiketnya mereka kurang ramah, kurang senyum, padahal setiap senyuman itu sangat dibutuhkan untuk para consumen..terutama mbak2nya yg menjalani praktek atau PKL mungkin.

  31. viana says:

    Tlong infonya
    Kereta penataran apakah melewati stasiun klimatologi II malang?
    Kereta berangkat pukul berapa?

  32. ka sekarang nggak profesinal pegawai ma petugas dan pejabat atasan banyak aturan nyusah orang kecil ngono motonya lebih baik…

  33. Gabby says:

    Payah pelayanan stasiun KA Surabaya,mau telp ga pernah diangkat semuanya..pada lagi ngerumpi aja kali tu petugas2 disana smpe telp aja ga diangkat2..:(

  34. helmi says:

    ada nggk kereta ekonomi jurusan dari st.gubeng ke st.babat!!atau harus dari st.pasar turi!!

  35. iim abdul hakim says:

    Saya mau mengirim barang alat rumah tangga ke BAndung seperti lemari, kulkas, kasur, ac, meja melalui jasa angkutan KA dari stasiun gubeng surabaya, harus daftarnya ke mana? Minta alamatnya dan tarifnya

  36. untuk pengiriman barang via Kereta Api, bisa langsung ke Stasiun Gubeng khusus pengiriman barang telp, 0313555208

    atau melalui PT. Pusaka Rama Express
    Stasiun Gubeng Surabaya
    Telp: (031) 503-8814

  37. Bpk Helmi: untuk jurusan stasiun Babat, Anda berangkat dari stasiun Pasar Turi (yg melewati jalur utara), di Stasiun Gubeng untuk jalur selatan saja.

  38. Rekomendasi lain untuk pengiriman barang melalui Kereta Api:

    Kantor Angkutan Barang PT. KAI Daop 8 Surabaya
    Alamat : Jl.Gubeng Masjid, Surabaya 60131
    Telp. (031) 5040657 – Faximile (031)5040657

  39. monic says:

    dari stasiun gubeng ke malang yang turundimalang kota deket alun-alun tu, stasiun apa ya??? malang kota ta??? harga tiketnya brpa??? dan apa harus memesan tiketnya, naik langsung saat setelah membeli tiket tidak ada ta??? kok ribet banget tidak seperti dstasiun pasar turi ya???
    tolong infonya!

  40. anam says:

    tanya pak..
    kereta api mutiara selatan ada gerbong barang nya kan ?
    klo saya bawa sepeda lipat, apa harus masuk ke gerbong barang ? apa harus ada biaya tambahan untuk sepeda lipat tersebut ?
    terimakasih.

  41. iyah,,,untuk kereta barang ada. tergantung volumenya. cb hub ke agen yg melayani pengiriman barang via KA mutiara selatan
    PT. Pusaka Rama Express
    Stasiun Gubeng Surabaya
    Jl Raya Gubeng Surabaya
    Telp: (031) 503-8814
    selengkapnya
    http://www.transsurabaya.com/2013/02/pusaka-rama-express/

  42. satria says:

    asalamualaikum
    pak mau tanya harga tiket gaya baru malam selatan sekarang berapa ya ?
    masih 33500 kah ?
    makasih sebelumnya

  43. eka says:

    Kalo jurusan sby- mlg per tgl 7 maret paling sore jam brp yaa?? Tolong bales

  44. satria: kayaknya masih tetep untuk yg non AC Rp. 33.500 dan untuk yg AC Rp. 145.000,-

    Eka: jam 18.25

  45. dimas says:

    mohon informasi untuk naik kereta api dari surabaya ke denpasar.
    penumpang nanti turun di terminal ubung atau ke terminal mengwi?
    trims

  46. sugi says:

    mohon info jadwal kereta api dari surabaya ke tulungagung, jam berapa aja keberangkatannya, harga tiketnya berapa? dan cara beli tiketnya gimana

    terimakasih

  47. aldi says:

    Saya mw nanyak.
    jadwal dr stasiun gubeng ke jember?
    Sama harga tiket nya itu brp?
    makasih jawabannya

  48. utk jurusan Surabaya – Bali bisa naik mutiara timur pagi/malam, harga 165rb-195rb udah langsung nyampe di terminal ubung Denpasar..

  49. hariyadi says:

    pada tanggal 5-4-2013 saya ada pembatalan tiket dari stasiun gubeng ke banyuwangi, katanya setelah 30 hari biaya tiket pembatalan akan ditransfer ke rekening saya tetapi sampai hari ini biaya pembatalan tiket tersebut belum di transfer, saya sudah coba hubungi semua no telepon yang ada untuk di stasiun gubeng tapi tidak ada respon.

  50. Peter says:

    aneh ini stasiun? kok ga ada loket khusus buat komuter, digabung dengan loket biasa, kepala stasiunnya ngerti apa engga sih dengan nama komuter. masak untuk beli tiketnya aja harus serahin ktp beda banget dengan komuter jabodetabek yang mana beli karcisnya ga usah pake tunjukin ktp… negara rugi berapa nih kalo buat karcis komuter hrs di print, sdh itu tiketnya spt tiket mo keluar jawa timur wkwwkwk.. usul sebaiknya ga usah ada komuter aja di surabaya kalo spt itu pelayanannya, juga utk tiket komuter cukup kertas ukuran 1/4 dari tiket yang sekarang diberlakukan, saran penghematan. Soalnya istri saya pengguna jasa komuter sby-sda, dan saya pernah ppengguna jasa krl jkt-bgr, wassalam..

  51. FARUQ says:

    Kritik untuk KAI :
    1.Mau cari jadwal KA surabaya – jember lewat portal PT. KAI kok rumit banget, portal ga’ focus pada hal² yg penting, kebanyakan ascessoris yg ga’ perlu. Sekarang Portal ga’ perlu menunjukkan kecanggihan (udah kadaluarsa), yang penting INFORMATIF.
    2. Pelayanan tiket asal²an, kesan thd pegawai yg penting dapet bayaran, cuek terhadap konsumen.
    3. Khusus Stasiun Gubeng, menunjukkan sok penting & priyayi/rasis, dimana siasiun/gedung dibedakan pelayanan untuk klas ekonomi dengan klas eksekutip. EMANGNYA PT. KAI GA’ ONLINE ???

Leave a Comment