Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

By on January 14, 2011

Cargo Container Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu pelabuhan pintu gerbang di Indonesia, yang menjadi pusat kolektor dan distributor barang ke Kawasan Timur Indonesia, khususnya untuk Propinsi Jawa Timur. Karena letaknya yang strategis dan didukung oleh daerah hinterland Jawa Timur yang potensial maka Pelabuhan Tanjung Perak juga merupakan pusat pelayaran interinsulair Kawasan Timur Indonesia. Dahulu, kapal-kapal samudera membongkar dan memuat barangbarangnya melalui tongkang-tongkang dan perahu-perahu yang dapat mencapai Jembatan Merah (pelabuhan pertama pada waktu itu) yang berada di jantung kota Surabaya melalui Sungai Kalimas.

Karena perkembangan lalu lintas perdagangan dan peningkatan arus barang serta bertambahnya arus transportasi maka fasilitas dermaga di Jembatan Merah itu akhimya tidak mencukupi. Kemudian pada tahun 1875, Ir. W. de Jongth menyusun suatu rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak agar dapat memberikan kesempatan kepada kapal-kapal samudera membongkar dan memuat secara langsung tanpa bantuan tongkang-tongkang dan perahu-perahu. Akan tetapi rencana ini kemudian ditolak karena biayanya yang sangat tinggi. Baru pada sepuluh tahun pertama abad ke-XX, Ir.WB.Van Goor membuat suatu rencana yang lebih realistic yang menekankan suatu keharusan bagi kapal-kapal samuera untuk merapatkan kapalnya pada kade. Dua orang ahli di datangkan dari Belanda yaitu Prof.DR.J Kraus dan G.J. de Jongth untuk memberikan suatu saran mengenai pelaksanaan rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak. Setelah tahun 1910, pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak dimulai.

Pintu masuk menuju Pelabuhan Tanjung Perak

Usaha-usaha pengembangan terus dilakukan oleh Pelabuhan Tanjung Perak yang diarahkan pada perluasan dermaga khususnya dermaga kontainer, perluasan dan penyempurnaan berbagai fasilitas yang ada, pengembangan daerah industri di kawasan pelabuhan, pembangunan terminal penumpang dan fasililas-fasilitas lainnya yang berkaitan dengan perkembangan pelabuhan-pelabuhan modern.

Tempat wisata di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak yaitu JMP (Jembatan Merah Plaza) dan House of Sampoerna yang terletak di sebelah Timur Pelabuhan Tanjung Perak . Banyak cara untuk menuju di dua lokasi tersebut. Untuk ke JMP, dari Pelabuhan Tanjung Perak Anda bisa langsung naik Bus Damri menuju arah timur, Turun di jalan Rajawali naik Lyn  JMK. Kira-kira butuh 15 menit bisa mencapai JMP (Jembatan Merah Plaza). Kalau ke House of  Sampoerna, habis naik Bus Damri turun di Jalan Rajawali lalu Anda naik becak menuju jalan kalisosok  turun didepan Telkom.

Fasilitas yang ada di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Yaitu Pelayanan air bersih, Bunker, Terminal Jamrud, Terminal Berlian, Terminal Nilam, Terminal Mirah, Terminal Kalimas, Terminal Penumpang, Terminal Ro-Ro, Terminal Peti Kemas.

Pelabuhan Tanjung Perak
Jl. Tanjung Perak Timur No. 620, Surabaya
Telp. 031 329992 – 96
Fax. 031 329399
Web. www.perakport.co.id

(Surabaya, City Guide)

2011-01-14-048-Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Share Trans Surabaya Posting @

Author: Administrator

Saya adalah Anang Fahmi Syarif, a.k.a Amik. Tinggal di Sidoarjo-Surabaya dalam keseharian

Leave a Reply

  • (not be published)