2 responses

  1. Sudjoko Kuswadji
    February 15, 2011

    PELATIHAN YSKB FEBRUARI 2011: KLINIK KESEHATAN KERJA DAN PEMASARANNYA

    22-23/2/2011 MANAJEMEN KLINIK KESEHATAN KERJA

    Klinik Kesehatan Kerja, Klinik Dokter Umum dan Dokter Keluarga bekerja di hulu masalah kesehatan. Mereka mencegah terjadinya penyakit. Mereka melakukan diagnosis dini. Berbeda dengan rekannya yang Rumah Sakit yang bekerja di hilir sesudah seseorang mengalami penyakit. Klinik Kesehatan Kerja, Klinik Dokter Umum dan Dokter Keluarga dilaksanakan oleh Dokter Umum dengan kompetensinya masing-masing, sementara Rumah Sakit banyak ditangani oleh para Spesialis.

    Dokter Kesehatan Kerja, Dokter Umum dan Dokter Keluarga memeriksa pasiennya sebagai manusia utuh dari ujung rambut ke ujung kaki. Mereka melakukan pemeriksaan secara paripurna, fisik, mental, sosial, promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif. Mereka memperhatikan lingkungan kerja, lingkungan perumahan dan tindakannya pertama-tama adalah mengubah lingkungan dan perilaku.

    24-25/2/2011 PEMASARAN JASA KESEHATAN KERJA

    Pemasaran (sering disebut sebagai social marketing) Klinik Kesehatan Kerja, Klinik Dokter Umum dan Dokter Keluarga kurang dilakukan secara serius. Sering kali pemasaran dilakukan secara mulut ke mulut dengan menyebutkan bahwa Dokter di sana ramah, obatnya tepat dan obatnya murah. Pemasaran Rumah Sakit yang memerlukan modal besar juga dengan upaya pemasaran dengan modal besar. Pemasarannya dilakukan dengan cara menaikkan gengsi seseorang, bahwa dia berobat di Rumah Sakit terkenal yang harganya mahal. Semakin mahal harga Rumah Sakit maka semakin tinggi gengsi seseorang.

    Pemeriksaan Kesehatan Pekerja seyogianya dilakukan oleh Dokter Umum. Dokter spesialis diperlukan sebagai rujukan. Penetapan penyakit akibat kerja oleh Dokter Perusahaan yang mempunyai Surat Penunjukan Dokter Pemeriksa Kesehatan Tenaga Kerja dari Menteri Tenaga Kerja. Itu secara hukum yang berlaku di Indonesia. Spesialis saja tidak laik menetapkan penyakit akibat kerja karena tidak mengenal bahaya dan risiko di tempat kerja karyawan.

    Jika berminat silakan menghubungi Dewi di 08119697318, Arul di 08119935216 atau Sudjoko 08129290059.

    Salam,
    Dr Sudjoko Kuswadji MSc(OM) PKK SpOk
    (HP 08129290059)

  2. dr.Puguh prasetyoadi
    February 25, 2011

    Mau tanya holter ecg 24 jam biayanya berapa? Persiapannya apa?

Leave a Reply

 

 

 

Back to top
mobile desktop