Akademi Angkatan Laut Jawa Timur

By on December 20, 2010

Akademi TNI Angkatan Laut JATIM

Sejarah Singkat Akademi Angkatan Laut
Tanggal berdiri : 10 Oktober 1951
Pendiri : TNI Angkatan Laut

Pada tahun 1951, Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) membuka Institut Angkatan Laut (IAL). Pada tanggal 13 Desember 1956, IAL berubah menjadi Akademi Angkatan Laut (AAL) dengan sistem pendidikan tetap tiga tahun. Selanjutnya pada tahun 1961, karena sistem pendidikan tiga tahun dianggap terlalu singkat, maka diubah menjadi sistem pendidikan empat tahun.

Dalam perkembangan lebih lanjut, AAL menetapkan pola kurikulum 5 bulan + 3 tahun + 7 bulan. Beban studi dihitung dalam satuan kredit semester (SKS) yang dilaksanakan berdasarkan SKep. KASAL nomor: SKep/331/III/1999, tanggal 2 Maret 1999, tentang kurikulum pendidikan Mapwa TNI AL dan Dikpasis. Dan Sejak tahun 2003, Korps Administrasi diubah menjadi Korps Suplai. Mulai tahun 2008 AAL akan menyelenggarakan pendidikan dengan pola 1 tahun di Akmil dan 3 tahun di AAL
Jenjang karir Kadet AAL tidak berhenti pada Perwira. Setelah dua tahun di kapal perang, jika berprestasi tinggi berkesempatan mengikuti S1 di Sekolah Tinggi Teknologi TNI AL (STTAL) selama 3 tahun dalam bidang Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Manajemen Industri, Hidrografi dan Oseanografi. Ada pula peluang melanjutkan ke S2 dan S3 di dalam maupun luar negeri.

Dari segi Kualifikasi Umum, lulusan AAL adalah Perwira Pejuang Sapta Marga yang berkemampuan teknik dasar kematraan serta potensi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tertentu. Kualifikasi Khusus (Korps) – terdiri dari 5 Korps:
Korps Pelaut: Berkemampuan dasar Perwira, mampu bertugas sebagai Perwira Jaga Laut, dan berpotensi disiplin Ilmu dan Teknologi Kelautan/Teknik Manajemen/Sosial Politik tertentu.
Korps Teknik: Berkemampuan dasar Perwira Korps Teknik, mampu bertugas sebagai Asisten Perwira Jaga Mesin, dan berpotensi disiplin Ilmu dan Teknologi.
Korps Elektronika: Berkemampuan dasar Perwira Korps Elektronika, memahami tugas-tugas Perwira Divisi Elektronika di KRI, dan berpotensi disiplin Ilmu dan Teknologi.
Korps Suplai: Berkemampuan dasar Perwira Korps Administrasi, memahami tugas Perwira Keuangan, Perbekalan, Kesekretariatan dan Perwira Administrasi Personel serta tugas Kepala Departemen Logistik di KRI, dan juga ber potensi disiplin Ilmu Ekonomi.
Korps Marinir: Berkemampuan dasar Perwira Korps Marinir, mampu bertugas sebagai Komandan Peleton Infantri Marinir, Komandan Peleton Senjata Bantuan Infantri, dan memahami tugas Komandan Kompi Infantri Marinir, serta berpotensi disiplin Ilmu Sosial Politik.
Kurikulum: pola 5 + III + 7 — 5 bulan berstatus Calon Prajurit Kadet (Caprakat),3 tahun berstatus Kadet, dan 7 bulan berstatus Perwira Siswa (Pasis).
Caprakad: kegiatan Orientasi Matra dan Pendidikan Dasar Keprajuritan selama satu semester terintegrasi dengan Taruna Akmil dan AAU.
Kadet: 6 semester, berupa kegiatan Pengajaran, Latihan dan Pengasuhan.
Pasis: selama satu semester, berupa kegiatan pemantapan dan pembulatan pengetahuan keterampilan dasar profesi korps.

Fasilitas

  1. Pemusatan Sarana Praktek, yang terdiri dari Simulasi Anjungan Kapal, Simulasi Pelatihan Radar, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Optik, Laboratorium Biologi, Laboratorium Bahasa.
  2. Perpustakaan
  3. Ruang Internet
  4. Museum
  5. Sarana Olah Raga (Lapangan Tennis, Kolam Renang, Panjat Tebing)
  6. Lapangan Tembak
  7. Sarana Ibadah (Masjid, Gereja, dan Pura)
  8. Kesehatan
  9. Salon Potong Rambut
  10. Transportasi
  11. Dermaga Halong

Kegiatan Ekstra Kurikuler :
1. Kegiatan Integratif (Pekan Taruna antarangkatan AL, AD, AU), Hari Kesaktian Pancasila & HUT TNI, Kegiatan Akademik, olahraga dan sosial antarkorps Kadet, serta Prasetya Perwira.
2. Kegiatan Pengasuhan –kegiatan mental spiritual dan ideologi, kehidupan keprajuritan, kepemimpinan, motivasi belajar dan olah pikir (penelitian/seminar/sarasehan/keterampilan/teknik/elektronika/bahasa), olahraga dan kesamaptaan jasmani, kehidupan sosial budaya.

Fasilitas lain: sarana olahraga (basket, voli, kolam renang, sepakbola, atletik, tenis lapangan, lapangan tembak, gedung bulutangkis, halang rintang, dan panjat tebing), Masjid Nurul Iman, Gereja Santo Paulus, Tempat ibadah untuk Kadet beragama Hindhu dan Budha di luar AAL, Ruang Makan (Gedung Sarasan), Gedung Rekreasi, Rumah Sakit Kelas IV (berkapasitas 20 temat tidur, Poli gugi, umum dan fisioterapi, Uji dan pemeriksaaan kesehatan, ambulan), dan asrama.

Pendaftaran Mahasiswa

Pusat informasi pendaftaran:
1. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal)
2. Lantamal I Belawan
3. Lantamal II Jakarta
4. Lantamal III Surabaya
5. Lantamal IV Makassar
6. Lantamal V Jayapura
7. Lantamal VI Bitung
8. Lantamal VII Tanjung Pinang.

Waktu pendaftaran: Awal Maret – awal April.
Syarat:
WNI, laki-laki dan beragama, umur 18 tahun- 22 tahun, lulus SMU/ madrasah Aliyah IPA, tinggi badan minimal 165 cm, sanggup mengadakan ikatan dinas minimal 10 tahun, disetujui orang tua bagi yang berusia kurang dari 21 tahun, lulus ujian.

Seleksi:: Dua tahap.
Seleksi 1: Tingkat Panitia Daerah (Panda) di masing-masing Lantamal. Materi: Pemeriksaan administrasi, Pemeriksaaan kesehatan I – II termasuk Combur test (urine), Hb (Haemoglobin), Pengujian kesamaptaan jasmani (Samapta A, B dan renang), Pemeriksaan psikologi I – II dan wawancara, Pemerksaan Mental Idelogi (MI), Pemeriksaan Sinyalemen / Daktiloskopi.
Seleksi 2: Tingkat Pusat.

Materi: Pemeriksaan kesehatan III, meliputi tes jantung, paru-paru / VO max, gigi, laboratorium, kesehatan jiwa, ronsen, Pemeriksaan psikologi tahap III (field dan wawancara), Pengujian kesamaptaan jasmani (Samapta A, B, renang dan Antrophometrik), Pengujian kemampuan akademik dengan materi Matematika, Fisika, PPKN dan Bahasa Inggris.

Biaya Pendidikan

Pendaftaran hingga pendidikan gratis. Selama pendidikan, kadet mendapat uang saku, perlengkapan perorangan, akomodasi dan transportasi.

Lain-lain

Prestasi:
Dalam lima tahun terakhir: The Most Popular Tall Ship pada lomba layar Gold Rush Race California (1999), Juara I kapal yang pertama masuk finish hanya dengan memakai layar, Peserta Ops Sail di Amerika, 2000.

Program Studi

Fakultas Jurusan Program Studi Jenjang Program Akreditasi Poin 1 Poin 2 Tahun Akr. Catatan
Korps Pelaut Ilmu dan Teknologi Kelautan D3 reguler
Korps Pelaut Teknik Manajemen D3 reguler
Korps Pelaut Hubungan Internasional D3 reguler
Korps Pelaut Administrasi Negara D3 reguler
Korps Teknik Teknik Mesin D3 reguler
Korps Elektronika Teknik Elektronika D3 reguler
Korps Suplai Manajemen D3 reguler
Korps Marinir Hubungan Internasional D3 reguler
Korps Marinir Administrasi Negara D3 reguler

AKADEMI TNI ANGKATAN LAUT – JAWA TIMUR

Status : Kedinasan (Departemen Pertahanan RI)
Alamat: Akademi TNI Angkatan Laut, Bumimoro Morokrembangan, Surabaya, Jawa Timur.
Telepon: (031) 3291092, 3291093, 3291094.
Faks.: (031) 3291095.
Website: www.aal.ac.id.
E-mail: akademi@aal.ac.id
Gubernur: Laksamana Muda TNI Wahyu Sasongko

(Surabaya, City Guide)

Sumber : http://www.aal.ac.id/, http://www.pdat.co.id/pertiti/?called=pt&kode=00001

Share Trans Surabaya Posting @

Author: Administrator

Saya adalah Anang Fahmi Syarif, a.k.a Amik. Tinggal di Sidoarjo-Surabaya dalam keseharian

One Response to “ Akademi Angkatan Laut Jawa Timur ”

  1. gravatar ZAVI

    ASKUM….
    aku mau nanya… kalau daftar menggunakan paket C IPA, bisa tidak,,,
    soal’ya aku bukan lulusan SMA jurusan ipa, melainkan aku lulusan dari smk pelayaran,,,
    mohon beri penjelasan’ya,,,
    terima kasih,,,

Leave a Reply

  • (not be published)