Rusunawa Unesa Surabaya

By on August 9, 2010

Mendengar kata rusunawa (rumah susun sederhana sewa), yang terbayang adalah bangunan kumuh dan tak terawat. Namun, bangunan vertikal milik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang berada di kampus Unesa Lidah Wetan sangat berbeda.

Baru beroperasi dalam tujuh bulan, rusunawa ini berhasil meraih penghargaan Adipura Griya Utama dalam tingkat Nasional, kemarin Senin (2/8). Penghargaan diberikan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

Lomba yang di mulai April lalu, diikuti oleh ratusan perguruan tinggi di Indonesia, dan menyusut di ambil menjadi tiga besar diantaranya Griya Utama itu adalah Unesa, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Hendra Wahyu Cahyaka, sebagai kepala pengelola rusunawa Unesa, mengatakan ada beberapa poin yang menjadi penilaian, antara lain, pengelolaan, kegiatan, dan administrasi keuangan. Rusunawa Unesa betul-betul mengelola asrama tersebut sesuai dengan standar yang memadai. Baik dari segi kebersihan, keamanan, dan keindahan lingkungan.

Kondisi rusunawa itu cukup bersih dan tertata rapi yang terdiri atas lima lantai. Lantai 1 digunakan sebagai ruang serbaguna, ruang sekretariat, tempat belajar bersama, kantin, dan ruang TV. Ruang belajar bersama dan ruang TV didesain sebagai ruang terbuka. Lantai 2, 3, 4, dan 5 digunakan sebagai kamar. Satu lantai terdiri atas 24 ruang kamar. Rata-rata satu kamar diisi tiga sampai empat mahasiswi. Total ada 220 mahasiswi yang menempati rusunawa itu, (jawapos.com).

Selain kamar tidur dan ruang belajar bersama, pengelola menyediakan tempat khusus bagi tamu yang ingin bermalam di tempat itu. Ruang tersebut disediakan untuk keluarga penghuni dari luar kota atau luar pulau. Sebagai keamanan (satpam) yang berjaga di ruang resepsionis selama 24 jam.

Dan untuk memperlancar serta mendukung pembelajaran mahasiswa, pengelola menyediakan wifi gratis yang bisa diakses siapa saja. Dalam keberhasilan rusunawa Unesa yang menjadi terbaik se- Indonesia bukan hanya karena fasiltasnya yang memadai. Namun adanya beberapa kegiatan mahasiswi yang tinggal di asrama tersebut.

Menurut Hendra, kegiatan yang selama ini sudah berjalan dibagi menjadi dua macam. Yaitu, kegiatan rutin dan temporer. Yang termasuk kegiatan rutin adalah pertemuan pengelola-penghuni, pertemuan pengurus-penghuni, kajian keagamaan seminggu sekali, olahraga bersama tiap minggu, dan renang bersama tiap dua minggu sekali.

Kegiatan yang temporer, antara lain, Agustusan, Kartinian, perayaan hari besar agama, dan kegiatan bakti sosial (baksos). Semua kegiatan itu dikoordinasi oleh pengurus penghuni asrama.

Untuk biaya yang dipatok disesuaikan dengan kantong mahasiswi. Tiap kamar punya banderol berbeda. Semakin tinggi lantainya, harga sewanya semakin murah. Berikut harga Rusunawa di Unesa :

LANTAI 2

Rp. 160.000/Bln/Mhs

1 Kamar maksimal 3 Mhs

LANTAI 3

Rp. 120.000/Bln/Mhs

1 Kamar maksimal 4 Mhs

LANTAI 4

Rp. 110.000/Bln/Mhs

1 Kamar maksimal 4 Mhs

LANTAI 5

Rp. 100.000/Bln/Mhs

1 Kamar maksimal 4 Mhs

Nama : Asrama Putri Unesa
Kategori : Rusunawa
Alamat : Kampus UNESA Lidah Wetan, Surabaya Barat
Tlp : 031-7532998, 71020715
Email : unesaasramaputri@yahoo.com
Website : http://www.unesa.ac.id/
http://asrama.unesa.ac.id/
Share Trans Surabaya Posting @

Leave a Reply

  • (not be published)